3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Ban Baru

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Ban Baru

Grandsehat.co.id – Mengecek kondisi ban kendaraan anda sejatinya wajib untuk dilakukan. Jika ban sudah botak atau sering mengalami bocor maka hal yang harus anda lakukan adalah segera menggantinya.

Ban adalah salah satu komponen terpenting pada kendaraan. Baik itu mobil, Sepeda Motor maupun bus. Jika kita sepele terhadap masalah ini, Maka yang sering kita dengar adalah kejadian kecelakaan yang sering terjadi karena ban bermasalah.

Baca Juga: Cara Merawat Filter Udara pada Kendaraan

Nah sebelum anda memutuskan untuk mengganti ban baru, Setidaknya anda harus memperhatikan tiga hal berikut ini.

1. Cara Mengemudi

Selalu pertimbangkan gaya Anda mengemudi saat memilih ban. Jika sering melakukan perjalanan jauh, pilih ban yang bisa membantu Anda menghemat pemakaian BBM tentu bisa dipertimbangkan.

Sebaliknya jika gaya menyetir sporty bisa aja seperti ngebut, coba pilih ban yang mampu mencengkeram saat menikung. Melakukan evaluasi atas karakter performa ban akan mendukung kebutuhan dan gaya Anda berkendara.

2. Jenis Mobil yang Anda Kendarai

Ban OE (original equipment) adalah ban yang tertempel di kendaraan saat keluar dari pabrik perakitan mobil. Ketika memilih ban OE, manufaktur mobil biasanya memilih satu dari serangkaian banyak penawaran.

Seringkali juga ada rekomendasi untuk penggantian ban dalam buku petunjuk kendaraan. Anda bisa saja tetap mengganti ban sebagaimana OE awal, tetapi mempertimbangkan ban dengan fitur lain juga layak dicoba.

3. Ketersediaan Dana

Bila memungkinkan sampaikan berapa lama Anda menggunakan ban sebelum penggantian atau berapa banyak BBM bisa dihemat, tentu akan sangat membantu dealer mencarikan ban yang tepat, apakah itu yang hemat BBM atau lebih awet.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top