3 Teknik Menginjak Pedal Rem Mobil

3 Teknik Menginjak Pedal Rem Mobil

Grandsehat.co.id – Dalam mengemudi, teknik pengereman menjadi yang tersulit. Sebab bila salah, melakukan perlambatan laju mobil justru bisa berujung pada sebuah kecelakaan.

Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division, PT Astra Daihatsu Motor, Ben Faqih, menjelaskan penguasaan teknik pengereman yang tepat memungkinkan pengendara mengendalikan dan menghentikan laju kendaraan dengan sempurna.

“Lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Memang, bagi kendaraan yang sudah dilengkapi dengan fitur anti-lock braking system (ABS), pengereman akan jauh lebih mudah. Tapi bagi yang belum, setidaknya pengendara perlu menguasai tiga tekniknya.

1. Teknik Treshold

Di sini, perlambatan kendaraan dilakukan dengan menahan pedal rem sekira 90 persen (mengambang). Intinya, usahakan menginjak pedal rem tanpa membuat ban terkunci sehingga masih bisa dikendalikan untuk menghidari objek di depan.

2. Teknik Stab

Teknik yang satu ini sangat cocok untuk kendaraan yang masih menggunakan komponen rem berjenis tromol.
Saat melakukan deselerasi, tekan pedal rem dengan teknik lepas-tekan berulang-ulang secara cepat. Ini dimasudkan agar ketika terjadi perlambatan pada kendaraan ban tidak terkunci.

Faqih menyarankan bagi Anda yang ingin menguasai teknik ini agar melakukan latihan bersama orang yang profesional.

3. Teknik Squeeze

Nah, untuk teknik ketiga, Faqih menjelaskan bahwa ini mirip denan teknik stab. Di mana saat mengerem lakukan penekanan pada pedal rem dengan cara lepas dan tekan berulang-ulang secara perlahan.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top