3 Tips Memilih Jok Mobil yang Nyaman

3 Tips Memilih Jok Mobil yang Nyaman

Grandsehat.co.id – Pemilik mobil pastinya bakal memilih jok yang nyaman. Terlebih, pengendara atau penumpang yang sering mengendarai mobil melewati kemacetan lalu lintas yang padat, macet berjam-jam atau sering bepergian dengan jarak yang cukup jauh.

Melihat hal tersebut, wajib hukumnya memilih bahan-bahan pelapis jok yang digunakan, dan bagaimana pemasangannya. Berikut, seperti disitat laman resmi Daihatsu Indonesia terkait pemilihan jok yang nyaman:

1) Komposisi Jok

Jok mobil dibuat dengan beragam bahan pelapis. Namun, pada umumnya jok mobil sering dibuat dari bahan pelapis kulit, semi kulit, nilon, dan vinyl. Lalu, mana yang terbaik?

Bahan kulit dianggap sebagai pelapis yang paling bermutu di antara bahan-bahan lainnya. Selain nyaman oleh kelembutannya, desain bahan pelapis sungguh mewah serta menawan mata. Akan tetapi, berdasarkan kualitasnya, pelapis kulit bakal menguras kocek dari segi pembelian sampai perawatan.

Sedangkan bahan semi kulit, memiliki keunggulan yang terletak pada kekebalannya terhadap suhu panas. Bahan, jenis pelapis ini tidak menyerap panas sehingga tak usah khawatir ketika memarkir mobil di tempat yang terik. Harga bahan ini cenderung terjangkau.

Kemudian, bahan nilon yang banyak bilang kualitasnya hampir menyerupai kualitas bahan pelapis kulit. Bahkan, bahannya lebih kuat dan tahan lama. Harganya pun lebih murah.

Namun, pada permukaan pelapis ini terdapat pori-pori dengan diameter yang cukup besar sehingga rentan kotor. Jadi, kamu harus membersihkannya dengan rutin.

Terakhir, bahan pelapis vinyl. Inilah bahan yang cocok digunakan jika pemilik mobil merupakan seseorang yang super sibuk, tidak punya waktu untuk merawat jok, atau bahkan kamu betul-betul pemalas ulung.

Jok ini mudah dibersihkan, tidak ribet, dan tidak terlalu mahal dalam perawatannya. Sayangnya, vinyl adalah penyerap panas yang baik sehingga pelapis ini berpotensi untuk mengurangi kenyamanan.

2) Gunakan Pelapis Jok

Jok juga dibutuhkan pelapis, dengan tujuan agar tidak kotor. Ada beberapa sistem pemasangan pelapis pada jok mobil. Pertama, dengan Auto Seat Cover. Dengan cara ini, kamu tidak perlu ribet-ribet membongkar jok karena prinsipnya hanya melapisi jok lewat sarung karet.

Kemudian, ada juga cara paten yang mengharuskan pembongkaran keseluruhan jok. Cara kerja sistem paten, adalah mengganti jok dengan jok kustom.

Lalu ada sistem semi paten. Lewat sistem ini, kamu tidak akan seribet sistem Paten yang membongkar keseluruhan jok. Sistem kerja semi paten hanyalah melapisi jok lama dengan sarung yang baru.

3) Jangan Salah Pilih

Nah, dalam memilih jok mobil pahamilah kelebihan dan kekurangan bahan-bahan pelapis yang telah dijelaskan di atas. Setelah itu, sesuaikan dengan kebutuhan serta kantong kamu. Lalu, lengkapi dengan cara pemasangan yang betul-betul pas.

Jika sudah yakin, barulah menentukan warna pelapis jok. Jangan lupa, pilihlah merk yang berkualitas serta produsen yang terpercaya. Keduanya bakal membantu dalam menghemat biaya, dan keberkalaan perawatan.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top