4 Ciri-Ciri Tie Rod Bermasalah

4 Ciri-Ciri Tie Rod Bermasalah

Grandsehat.co.id – Sektor kaki-kaki adalah salah satu bagian penting dalam menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara pada mobil. Bagian ini punya banyak komponen, salah satunya adalah tie rod.

Tie Rod merupakan penghubung antara kemudi dengan roda, tie rod bekerja dalam kondisi yang cukup ekstrem. Seiring pemakaian, komponen ini tentunya akan mengalami penurunan performa.

Gejala yang ditimbulkan akibat kerusakan tie rod sebenarnya dapat dirasakan dan diketahui pengendara baik saat berjalan normal atau pada kecepatan rendah.

Apa saja gejala tersebut? Berikut ini ulasannya. Baca Juga: Cara Merawat Wood Panel Mobil

1. Sering Buang Arah

Pertama, Kendaraan sering membuang ke salah satu arah. Apabila ketika berkendara mobil tidak dapat bergerak lurus atau kemudi seolah sulit untuk dikendalikan secara stabil, kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada tie rod.

2. Ban Aus Tidak Merata

Untuk mengetahuinya Anda harus menginspeksi kedua ban depan. Perhatikan perbedaan keduanya, apabila ada tanda aus yang terlihat aneh, sebaiknya segera periksa tie rod.

3. Suara Hentakan

Muncul suara hentakan seperti besi yang saling berbenturan. Kondisi tersebut menandakan tie rod longgar. Jika dibiarkan, kerusakan bisa semakin parah dan mempengaruhi komponen lainnya.

Kondisi seperti ini juga bisa dirasakan ketika kemudi diputar, di mana respon ban terhadap putaran kemudi tak selaras atau ketinggalan.

4. Mobil Bergetar

Gejala yang paling terasa adalah mobil bergetar. Jika mencapai kondisi ini berarti kerusakan tie rod sudah sangat parah karena ban bergerak liar sendiri atau tidak terhubung kuat dengan kemudi. Anda akan sulit untuk mengontrol kendaraan.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top