4 Jenis Ban Terbaik untuk Mobil

4 Jenis Ban Terbaik untuk Mobil

Grandsehat.co.id – Ban merupakan salah satu komponen yang paling penting pada sebuah kendaraan bermotor. Tanpa adanya ban, kendaraan tersebut tidak akan dapat melaju. Selain itu, ban mobil juga menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan.

Karena ban mobil terbuat dari bahan karet. Walaupun jika dilihat sepintas ban mobil ini terlihat sama, namun material dari setiap merk dan jenis ban tentu sangatlah berbeda. Ada yang memiliki kontur karet empuk, ada juga yang memiliki kontur karet yang cukup keras.

Jika salah dalam memilih ban, bukan kenyamanan yang akan di dapat, melainkan ketidaknyamanan yang pasti akan datang menghampiri Anda. Agar tidak salah dalam memilih ban, kami akan memberikan sedikit tips mengenai ban yang cocok untuk digunakan pada mobil kesayangan Anda.

Tetapi perlu diingat, referensi ini tentunya tidak cocok dengan setiap mobil, namun kami merangkum yang terbaik untuk Anda.

1. Bridgestone Turanza T005A
Ban yang satu ini cocok bagi Anda yang menginginkan kesenyapan dalam berkendara. Bridgestone Turanza T005 memiliki daya serap suara yang sangat baik. Kenyamanan saat berkendara akan jauh meningkat jika Anda menggunakan ban ini.

Turanza T005A ini juga mengusung teknologi reinforced sidewall. Teknologi ini membuat dinding ban menjadi lebih kokoh dibanding ban lainnya. Hal ini juga membuat mobil yang menggunakan ban ini akan minim getaran dan meningkatkan kenyamanan saat berkendara di jalan yang punya kontur kurang baik.

Salah satu alasan mengapa Turanza menjadi referensi adalah kenyamanan yang diberikan memang di atas rata-rata dan juga kesenyapan yang dihasilkan tergolong mumpuni.

2. GT Radial Champiro BXT Pro
Ban yang satu ini menjadi salah satu referensi yang kami berikan untuk Anda. GT Radial Champiro BXT Pro menjadi salah satu ban terbaik menurut kami karena ban buatan lokal ini dikenal punya daya cengkeram yang cukup baik di jalan aspal.

Jika melihat dari modelnya, ban ini juga memiliki desain yang lumayan menarik. Memberikan kesan sebuah ban mahal, namun sebenarnya ban ini punya harga yang bisa dibilang cukup terjangkau bagi pecinta roda empat.

GT Radial juga menjamin daya tahan dari ban ini dengan durasi yang lebih lama dibandingkan dengan varian GT Radial lainnya. Rating kecepatan untuk ban ini ada di huruf T hingga H, soal kenyamanan pun juga ban ini punya kenyamanan yang cukup baik.

Wajar jika kami memasukkan ban ini ke dalam salah satu bucket list bagi Anda yang ingin mengganti ban.

3. Hankook Dynapro M/T
Jika Anda adalah pecinta SUV sejati, ban yang satu ini cocok untuk ditancapkan ke mobil SUV kesayangan Anda. Produsen asal Korea Selatan ini punya salah satu ban yang punya ketahanan yang sangat baik.

Jika dilihat dari segi desain, ban Hankook Dynapro M/T ini juga mampu menambah tampilan mobil SUV menjadi lebih menarik.

Soal ketahanan masa pakai, ban berkontur kasar ini juga bisa diandalkan. Pola pada tapak ban yang berbentuk zig-zag akan memberikan traksi maksimal saat mobil sedang melaju di trek yang bergelombang maupun di jalan berlumpur.

Handling dan stabilitas yang diberikan juga juga baik. Namun, ban ini akan menjadi sedikit lebih keras setelah berumur pemakaian lebih dari 3 tahun. Jika kondisinya masih baru, tentu saja nyaman untuk digunakan. Tetapi ban ini cocok kok untuk dibeli.

4. Bridgestone Ecopia EP150
Ban yang satu ini merupakan ban yang cocok untuk dipakai pada mobil Low Cost Green Car (LCGC). Ban Bridgestone Ecopia EP150 ini diklaim mampu membuat mobil yang memakai ban ini akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit. Ban ini dapat melaju di jalan yang bergelombang dan kurang begitu mulus, tetapi tidak dengan jalan yang berkerikil.

Dengan material karet yang lebih soft, membuat kenyamanan mobil akan menjadi lebih baik saat melaju di perkotaan. Memang, ban ini ditujukan untuk mobil yang melintas di perkotaan, Tetapi kalau berbicara mengenai daya tahan, ban ini tidak memiliki patokan tersendiri.

Berdasarkan pengamatan dari review yang ada, ban ini memang punya daya tahan yang cukup baik. Namun, semua itu kembali lagi kepada gaya berkendara Anda. Karena, gaya berkendara setiap orang tidak bisa sama, seperti layaknya konsumsi bahan bakar mobil yang ada.

Keawetan dan ketahanan ban sebenarnya tergantung bagaimana Anda mengendarai mobil Anda. Selain itu kondisi jalan tertentu pun dapat mempengaruhi usia ban tersebut. Lakukanlah perawatan ban yang rutin agar membuat ban mobil anda lebih terjaga dan usia pemakaiannya lebih panjang.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top