5 Langkah Aman Ketika Terlibat Kecelakaan di Jalan Tol

5 Langkah Aman Ketika Terlibat Kecelakaan di Jalan Tol

Grandsehat.co.id – Kecelakaan bisa menimpa siapa saja dan terjadi di mana pun. Tak terkecuali kecelakaan lalu lintas di jalan tol berupa tabrakan beruntun dengan kecepatan tinggi.

Celakanya, tabrakan beruntun yang terjadi bisa merembet menjadi kecelakaan tambahan. Seperti halnya saat pengemudi yang keluar dari mobil untuk mengecek kerusakan kendaraannya.

Alih-alih sudah merasa aman, pengemudi tersebut justru bisa menjadi korban berikutnya dari kendaraan lain di belakangnya yang melintas dan baru saja menyadari adanya kecelakaan di depannya.

Guna menghindari hal demikian, instruktur sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu berpesan beberapa hal termasuk evakuasi diri dengan berhati-hati sambil memperhatikan keadaan sekitar.

Pengendara lain bisa saja tidak mampu mengendalikan kendaraannya dan membuat kecelakaan berikutnya, tentu harus ada antisipasi kecelakaan selanjutnya.

Ketika terlibat kecelakaan, langkah yang harus dilakukan menurut Jusri adalah:

1. Nyalakan lampu hazard

Hal pertama yang harus dilakukan ketika melakukan perlambatan mendadak atau terlibat benturan adalah langsung menyalakan lampu hazard. “Jangan lupa begitu melakukan perlambatan mendadak hingga berhenti, lampu hazard dihidupkan,” kata Jusri.

Perilaku ini untuk menandakan dan memberitahu ke pengemudi sekitar dan di belakang bahwa terjadi kondisi darurat, sehingga pengemudi lain mampu mengambil tindakan antisipasi, berupa perlambatan atau pindah lajur.

2. Periksa kondisi di belakang

Setelahnya, langsung periksa keadaan sekitar. Paling penting menurut Jusri, periksa bagian belakang apakah ada kendaraan yang mendekat atau tidak.

3. Keluar dari kendaraan

Apabila keadaan sekitar aman dan kondusif, serta badan masih mampu digerakkan, keluar dari kendaraan untuk berpindah ke area yang lebih aman, jangan berdiri di sekitar lokasi tabrakan.

4. Pindah ke sisi samping bahu jalan

Adapun area paling aman di sekitar tol adalah sisi luar dari bahu jalan. Tambah Jusri, untuk menyeberang ke sisi samping bahu jalan, lakukan dengan hati-hati dan seaman mungkin.

5. Selesaikan segala sesuatu di area aman

Fungsi dari evakuasi ke area sisi samping bahu jalan ini adalah untuk bisa menyelamatkan diri dari potensi tabrakan tambahan.

Selain itu, dengan berada di area tersebut, orang-orang yang terlibat kecelakaan tetap bisa menyelesaikan masalahnya tanpa harus berada di lokasi terjadinya tabrakan.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top