6 Tips Sebelum Membeli Mobil Keluarga

6 Tips Sebelum Membeli Mobil Keluarga

Grandsehat.co.id – Mobil keluarga merupakan suatu pilihan tepat ketika sudah memiliki anak. Apalagi dengan jumlah anak lebih dari 2, Anda pasti membutuhkan mobil yang dapat mendukung semua aktifitas keluarga. Ada banyak jenis mobil keluarga yang dapat Anda pilih, contohnya saja MPV atau SUV yang memang di desain khusus untuk keperluan keluarga. Tetapi memilih mobil keluarga tidak sesimpel itu. Untuk anda yang sedang bingung memilih mobil yang cocok untuk keperluan keluarga, mungkin tips berikut bisa membantu anda:

1. Jangan Asal Beli
Banyaknya jenis dan macam mobil yang ditawarkan diluar sana terkadang akan membuat anda bingung. Tetapi jangan karena hal ini malahan membuat anda asal beli. MPV atau SUV memang di desain untuk keluarga, tetapi bukan berarti setiap jenis MPV atau SUV akan selalu nyaman dikendarai oleh anda dan seluruh keluarga. Lebih baik pilih terlebih dahulu baru lakukan pembelian. Asal beli dapat menimbulkan kekecewaan pada anda dan keluarga.

2. Sesuaikan dengan keuangan
Membeli mobil berarti membicarakan mengenai budget atau keuangan. Budget yang terbatas, otomatis tidak bisa membeli mobil yang memiliki spesifikasi yang tinggi. Maka sesuaikanlah mobil yang ingin anda beli dengan budget anda. Lakukan riset mengenai mobil-mobil keluarga yang sesuai dengan range budget yang anda miliki. Hal ini cukup membantu, karena anda dapat memiliki beberapa pilihan mobil ketika sudah melakukan riset. Langkah berikutnya tinggal melakukan uji coba kenyamanan terhadap pilihan yang sudah anda masukkan dalam daftar mobil yang mungkin di beli.

3. Interior Yang Nyaman
Anda telah membuat daftar mobil yang bisa di beli, langkah berikutnya adalah memeriksa jenis interior yang mungkin sesuai dengan keluarga anda. Carilah mobil dengan interior yang nyaman dan dapat memuat keluarga anda. Rata-rata mobil keluarga dapat memuat 5-7 orang. Maka pastikan mobil yang anda beli dapat memuat 7 orang tanpa harus berdesak-desakan karena interior yang kurang ergonomis. Harap di ingat bahwa, interior yang nyaman membuat para penumpang merasa nyaman didalamnya, terutama jika anda dan keluarga memutuskan untuk bepergian dengan jarak jauh. Tentu saja ketidaknyamanan malah akan membuat keluarga anda kesal.

4. Bagasi yang besar
Mobil keluarga berarti harus memiliki bagasi yang cukup besar yang dapat menampung barang-barang. Karena yang di maksud adalah keluarga maka berarti mobil tersebut harus mampu menampung barang anda, istri/suami, anak-anak hingga orang tua anda. Apalagi ketika bertemu dengan hari-hari besar, maka mobil anda harus siap menampung banyaknya barang yang akan di angkut. Mobil keluarga sekarang bukan hanya memberikan fitur bagasi yang besar saja, terkadang desain pada mobil keluarga sudah menyediakan pengaman barang pada bagian atap mobil. Jadi anda bisa menyimpan barang di bagian atap mobil. Jika perlu, anda dapat menambahkan handle untuk gantungan sepeda di bagian pintu belakang mobil untuk tetap mendukung kegiatan anak di tempat tujuan nantinya.

5. Fitur Hiburan Yang Mendukung
Karena mobil kelaurga berarti akan digunakan oleh seluruh keluarga, maka carilah mobil yang memiliki fitur hiburan yang membuat keluarga anda tidak bosan ketika berada di dalam mobil. Contoh hiburan yang mungkin ada di dalam sebuah mobil adalah layar LCD kecil yang biasanya di tempel pada bagian belakang sandaran seat. Termasuk layar LCD, radio, CD player dan mp3 player. Alat-alat ini cukup mampu menghibur keluarga ketika sedang dalam perjalanan jauh. Tapi sebagai fitur tambahan, hiburan ini harus juga disesuaikan dengan anggaran anda. Carilah hiburan tambahan yang mencukupi setelah menyesuaikan dengan anggaran yang anda miliki.

6. Keamanan yang tinggi
Keamanan tetap merupakan prioritas. Penggunaan kendaraan yang aman berarti menjaga keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Ada beberapa fitur keamanan yang harus selalu anda lihat pada sebuah mobil keluarga, mereka adalah sabuk pengaman, air bag atau kantong udara pengaman dan rem anti-lock. Mobil keluarga harus memiliki ketiga hal ini, karena keamanan keluarga adalah hal yang terutama.

Sabuk Pengaman
Saat mencari mobil keluraga pastikan bahwa sabuk pengaman di setiap bangku penumpang dapat berfungsi dengan baik. Sabuk pengaman mampu menahan penumpang untuk tidak terlonjak dari tempat mereka duduk. Pastikan juga bahwa nantinya setiap anggota keluarga anda yang akan menggunakan mobil harus selalu memakai sabuk pengaman.

Air Bag/Kantong Udara
Berikutnya adalah sistem kantong udara pengaman yang berfungsi dan mampu menahan penumpang dari benturan. Sekarang ini sudah sangat banyak mobil yang menyediakan kantong pengaman atau air bag untuk mengamankan para penumpang khususnya bagian depan dari benturan. Adanya air bag diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan pada penumpang.

Rem Anti-Lock
Rem anti-lock akan sangat berguna di jalanan yang licin. Rem ini bukan rem biasa, rem ini memiliki kemampuan untuk menahan mobil saat sedang berada di trek yang licin dan tetap dapat terkontrol. Fitur ini dapat menjadi nilai tambahan ketika anda mencari mobil keluarga.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top