Bahaya Gunakan Ban yang Beda Spesifikasi dalam Satu Poros

Bahaya Gunakan Ban yang Beda Spesifikasi dalam Satu Poros

Grandsehat.co.id – Banyak yang belum tahu kalau ganti ban mobil sebaiknya gunakan dengan ban yang berspesifikasi sama pada porosnya. Artinya, hindari pemasangan ban yang berbeda ukuran, kompon, maupun alurnya.

Perbedaan spesifikasi ban dalam satu poros bisa menyebabkan beda traksi. Ban dalam satu poros harus sama, karena traksi bagian kiri dan kanan bisa beda, tentang hal ini juga tertuang di standar ETRTO (Badan Teknis Ban dan Velg se-Eropa) safety.

Tak hanya traksi, Dampak lain yang juga bisa ditimbulkan akibat memasang ban yang beda spesifikasi membuat noise atau suara ban ketika melaju di atas aspal atau beton bisa berbeda dan mengganggu kenyamanan.

Yang bahaya memang beda traksinya, seperti ban kiri di aspal dan yang kanan di tanah atau rumput, kalau digas kan pasti spinning kalau enggak punya traction control, selain itu juga bisa tidak nyaman karena noise bisa berbeda juga.

Sementara itu berdasarkan laporan Tire Rack, efek lain yang timbul akibat penggunaan ban yang beda spesifikasi dapat dirasakan pada sistem kemudi yang bisa berat sebelah, pengereman yang kurang optimal, sampai akselerasi yang tidak selaras karena perbedaan traksi tadi.

Berdasarkan hal ini dianjurkan untuk menggunakan ban yang sama spesifikasinya dalam satu poros atau axle. Ukuran harus sama, beda pabrikan juga sebaiknya dihindarkan dalam 1 axle, selain grip dan kompon yang beda, bisa saja dimensi juga beda.

Contohnya apabila Toyota Avanza memiliki profil ban 185/70 R14, maka sebaiknya gunakan dengan profil yang sama dan sesuai dengan ukuran velg.

Pengecualian pada ban cadangan

Lalu bagaimana dengan ban cadangan yang umumnya punya ukuran dan spesifikasi yang berbeda? Ban cadangan hanya dapat digunakan untuk keperluan darurat dan pemakaiannya relatif singkat.

Namanya temporary tire memang tidak disarankan dipakai seterusnya, hanya sementara saja menunggu ban aslinya diperbaiki atau diganti, selain itu ban temporary bentuknya lebih kurus dari ban aslinya, makanya ada batasan kecepatannya dan sudah tertera di bannya.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top