Cara Mudah Bedakan Busi Asli atau Palsu

Cara Mudah Bedakan Busi Asli atau Palsu

Grandsehat.co.id – Busi salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan. Baik itu mobil maupun sepeda motor. Percikan api dari busilah yang mempengaruhi peforma mesin.

Busi berkualitas salah satunya dipengaruhi oleh keasliannya. Busi yang tidak asli justru tidak dapat memproduksi percikan api yang baik, bahkan umur pakainya bisa saja jauh lebih pendek. Celakanya tidak sedikit pemilik kendaraan yang bisa membedakan mana busi asli atau palsu.

Baca Juga: 5 Tips dan Cara Merawat Toyota Avanza

Pada dasarnya, Asli atau Palsu sebuah busi dapat dilihat dari fisik, bisa diketahui pebedaan busi asli dan palsu. Sahabat Sehat Bisa dilihat dari terminal nut-nya. Kalau ulir pada busi asli itu lebih halus dan rapi. Kalau yang palsu akan terlihat kasar dan tidak rapi.

Nah, langkah berikutnya adalah memperhatikan penulisan part number di busi. Pada busi asli, part number tercetak rapi dan teratur, sedangkan busi palsu tulisannya hitam, tebal dan posisinya tidak rapi.

Khusus busi NGK asli, gasket sangat sulit untuk dilepas. Bahkan jika bisa lepas pun, gasket ini tidak bisa dipasang kembali. Sementara pada busi palsu gasket atau ringnya mudah lepas atau longgar.

Selain itu, mata shell busi asli terbuat dari baja kuat dan tahan panas karena diproses plating Cr3, sehingga tahan korosi dan warnanya juga lebih cerah dan tidak gampang pudar. Di sisi lain, busi palsu biasanya memiliki warna metal shell yang agak buram dan mudah karat.

Yang terakhir, perhatikan konstruksi pada ujung elektrodanya. Gap dan penyambungan busi asli itu sangat rapi. Kalau yang palsu tidak rapi.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top