Cara Mudah Mencegah Cat Mobil Kusam

Cara Mudah Mencegah Cat Mobil Kusam

Grandsehat.co.id – Bodi mobil yang terlihat berkilau tentu menjadi impian semua pemiliknya. Namun sayangnya lambat laun warna cat kendaraan pasti menjadi kusam. Ada yang bisa mempertahankan warna asli cat kendaran dalam jangka waktu yang lama, ada juga yang mungkin hanya bertahana beberapa tahun.

Selain soal intensitas mencuci, masalah pada cat kendaran yang kusam justru bisa muncul karena cara mencuci yang kurang tepat. Pakar auto detailing, Christopher Sebastian menjelaskan salah satu penyebab paling umum yang sering ditemui adalah akibat penggunaan sabun atau sampo untuk mencuci dengan tingkat keasaman (pH) yang terlalu tinggi.

Hal ini bisa dengan mudah membuat warna kendaraan menjadi kusam. Dia pun menyarankan bagi pemilik kendaraan untuk memilih sampo dengna pH di bawah 12 dan idealnya pH 7 alias netral.

“Lalu yang kedua jamur. Jamur ini bukan hanya efek abis cuci saja, biasa karena pagi berembun sementara siangnnya panas dan kendaraan habis itu langsung dipakai jalan,” terang pria yang juga merupakan CEO XTO Indonesia, produk perawatan untuk komponen-komponen mobil.

Oleh sebab itu mobil tidak boleh dibiarkan dalam keadaan lembab terlalu lama. Sebisa mungkin lap mobil jika memang terlihat ada bercak air yang tersisa.

Lebih lanjut dia menerangkan jamur juga bisa hadir akibat polusi udara. Udara kotor yang mengandung minyak kemudian menempel di bodi mobil dapat dengan mudah menurunkan kualitas cat kendaraan terutama dari sisi kecerahannya.

Mencuci kendaraan adalah jalan keluarnya, membilas kendaraan hanya dengan air selama dua hari sekali dia rasa cukup, dengan catatan satu minggu sekali selingi dengan mencuci kendaraan dengan sabun ataupun cairan yang bisa membersihkan jamur, namun kembali pastikan pH nya tidak terlalu tinggi.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top