Faktor Internal Yang Menjadi Pemicu Mobil Terbakar Sendiri

Faktor Internal Yang Menjadi Pemicu Mobil Terbakar Sendiri

Grandsehat.co.id – Belakangan ini, Jagad maya dihebohkan dengan kabar beberapa mobil yang terbakar. Salah satunya adalah Daihatsu Xenia terbakar secara tiba-tiba saat diparkir di garasi. Selain itu juga ada Vios yang lama terjogrok juga terbakar meski akinya sudah dilepas.

Tentu hal tersebut mengundang pertanyaan, sebenarnya faktor apa yang memicu terjadi kebakaran pada mobil?

“Faktor internal mobil yang memicu kebakaran pertama adalah akibat dari kebocoran pada saluran bahan bakar dan oli,” Kata Hary, Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Seperti dikutip dari Grid.

Kebocoran pada tangki bahan bakar dan oli bisa menimbulkan uap yang menjadi zat yang mudah terbakar bila terkena percikan api atau panas dari komponen mobil.

Kemudian modifikasi kelistrikan yang menjadi penyebab utama pemicu kebakaran adalah audio dan head unit.

“Biasanya karena pemasangan soket dan fuse yang tidak benar, ketika dudukan soket atau fuse lepas karena guncangan dan arus positif menyentuh bagian logam bodi akan muncul percikan yang menjadi pemicu kebakaran,” ujar Hary.

Selain modifikasi kelistrikan, kabel kelistrikan mobil yang tidak dirawat juga bisa menyebabkan korsleting sehingga muncul percikan api.

“Meskipun sudah ada sekring yang memutus arus listrik, bila percikan tersebut langsung mengenai uap bahan bakar atau oli maka akan langsung memunculkan api,” jelas Hary.

Yang terakhir adalah, cairan radiator coolant.

Ternyata cairan yang mendinginkan mesin ini juga bisa menjadi penyebab kebakaran pada mobil.

“Cairan radiator coolant mengandung zat kimia yang bila mencapai titik didih uapnya terkena percikan api maka bisa juga menimbulkan kebakaran,” jelas Hary.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top