Hindari Kesalahan Teknik Mengemudi di Jalan Menurun

Hindari Kesalahan Teknik Mengemudi di Jalan Menurun

Grandsehat.co.id – Kondisi jalan di Indonesia yang beragam, menuntut pengemudi punya kemampuan yang mumpuni untuk menghadapinya. Sebab apabila tidak, khawatir akan menimbulkan kecelakaan yang fatal, khususnya pada kondisi jalan menurun yang curam di area perbukitan.

Beberapa perilaku yang sebaiknya tak dilakukan ketika melewati jalan menurun.

Poin pertama yaitu jangan banyak menggunakan rem. Ini bisa membuat kerja sistem rem semakin berat, dan membuat fungsinya hilang (blong).

Jadi sistem rem akan mengalami kegagalan fungsinya akibat gesekan yang lama, yang menyebabkan panas tinggi. Efeknya akan menimbulkan brake fading sehingga pengereman menjadi tak maksimal, belum lagi jika pengecekan dan servis rem yang tak rutin dilakukan, semakin berbahaya.

Andalkan engine brake

Solusinya alternatifnya, terapkan teknik engine brake. Artinya penempatan gigi harus efektif. Idealnya pergunakan gigi dua atau satu agar engine brake bisa membantu dalam melakukan perlambatan.

Kedua, jangan melakukan perpindahan gigi (ke gigi lebih rendah) ketika sudah berada di turunan.

Perpindahan gigi sebaiknya dilakukan pada saat berada di puncak atau saat akan masuk ke turunan. Karena bila di tengah turunan, memungkinkan pengemudi menggunakan banyak rem.

Ketiga, jangan posisikan kendaraan dengan jarak yang terlalu dekat, dengan mobil yang ada di depannya. Pasalnya ini juga yang bakal memicu pengemudi memindahkan kaki kanannya pada pedal rem.

Jadi harus jaga jarak, sehingga tak banyak menggunakan rem.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top