Ini Cara Pegang Setir Mobil yang Baik dan Benar

Ini Cara Pegang Setir Mobil yang Baik dan Benar

Grandsehat.co.id – Mengemudikan mobil harus disadari sebagai kegiatan yang penuh risiko. Peluang kecelakaan selalu mengintai pengendara, baik yang memiliki skill berkemudi yang baik ataupun yang tidak.

Dengan begitu, tidak hanya teknik berkendara yang penting, tapi juga posisi memegang kemudi yang baik dan benar. Teknik dan posisi mengemudi yang benar agar mobil bisa selalu dalam kendali, dan aman saat kita berkendara. Berikut, tips memegang kemudi yang baik dan benar.

Memegang kemudi (setir) mobil yang benar, harus dengan posisi sejajar. Jika diibaratkan memakai angka yang ada pada jam analog, posisi tangan kiri berada di angka sembilan dan kanan di angka tiga.

Posisi ini memperbarui posisi tangan kiri di angka 10 dan kanan di angka dua, yang memang sudah tidak disarankan lagi oleh para ahli mengemudi sejak 2011.

Untuk posisi tangan di angka jam 10 dan dua tidak disarankan lagi, karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa posisi tersebut letaknya ada di atas jantung. Jadi, jika berkendara dalam posisi mengemudi tersebut lebih dari satu jam, bisa membuat aliran darah tidak lancar. Efeknya, saat mengantisipasi sesuatu refleknya akan melambat.

Disarankan pula untuk memberi jarak sekitar 30 sentimeter antara kemudi dengan dada. Hal ini penting, karena jika terjadi benturan, dalam dua detik airbag akan mengembang dan jaraknya itu antara 22 sampai 25 cm.

Pastikan juga, posisi tangan membentuk sudut karena bisa berfungsi sebagai shockbreaker sehingga tangan patah atau terluka bisa dicegah.

Jika ada fitur tilt steering pada kemudi kendaraan Anda, seperti yang ada di All New Ertiga, aturlah kemiringan setir sesuai dengan posisi Anda mengemudi. Fitur tilt steering ini akan menambah kenyamanan Anda dalam berkendara.

Setelah mengetahui posisi yang benar saat mengemudi, jangan lupa pula untuk selalu menjaga kecepatan dan selalu fokus dalam berkendara. Hal ini penting untuk selalu diingat agar keselamatan kita selama berkendara bisa lebih terjaga.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top