Ini Yang Terjadi Jika Oli Mobil Tidak Diganti

Ini Yang Terjadi Jika Oli Mobil Tidak Diganti

Grandsehat.co.id – Mengganti oli pada mobil adalah salah satu upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat dan menjaga kondisi mesin mobil. Oli bekerja melumasi komponen-komponen dalam mesin untuk melindungi gesekan antara satu dengan yang lainnya.

Tiap pabrikan kendaraan roda empat punya aturannya sendiri terkait penggantian oli biasanya berdasar jarak tempuh (km) ataupun waktu. Kepala Bengkel Astra Daihatsu Pamulang, Robin Chandra Wijaya menerangkan, ganti oli disarankan kepada pelanggan setiap 6 bulan sekali terlepas dari kondisi jalan yang dihadapi.

“Atau 10 ribu km. Tapi kalau untuk yang sering menghadapi kemacetan kami sarankan setiap 5.000 km karena saat kondisi mesin hidup dan terjebak macet, putaran mesin akan tetap berjalan sehingga pelumasan mesin terus terjadi,” terangnya.

Penggantian oli pun juga perlu dilakukan bahkan untuk kendaraan yang hitungannya jarang digunakan dengan perhitungan yang sama 6 bulan sekali. Selain berdasar periode waktu ataupun jarak tempuh, pemilik kendaraan bisa memeriksakan sendiri apakah perlu dilakukan pergantian dengan memeriksa oil stick yang ada di bagian mesin.

“Dari sana bisa dilihat warna oli dan tingkat kekentalannya. Kalau sudah berwarna hitam pekat, alangkah baiknya segera dilakukan penggantian oli,” Robin menambahkan.

Dampak malas ganti oli

Apa yang disampaikan Robin sebenarnya sesuai dengan saranan yang ada di buku petunjuk. Namun nyantanya masih ada saja sebagian orang yang masih abai dan menunda penggantian oli.

Menurut Robin setidaknya ada tiga dampak yang bisa dirasakan pada kendaraan yang jarang diganti olinya.
“Pertama tarikan mesin akan terasa berat karena pelumasasn semakin berkurang. Kedua, komponen-komponen mesin menjadi aus akibat gesekan satu sama lain. Ketiga, karena aus itu lama-lama komponen bisa rusak,” jelas Robin.

Nah, kalau ada komponen mesin yang rusak, alamat makin sulit penangannya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya meluangkan waktu setiap enam bulan untuk ke bengkel untuk sekadar mengganti oli mobil.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top