Kenali Aki Berjamur di Mobil dan Cara Penanganannya

Kenali Aki Berjamur di Mobil dan Cara Penanganannya

Grandsehat.co.id – Aki menjadi salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Pasalnya jika aki bermasalah, bisa dipastikan akan mengganggu kenyamanan Anda ketika berkendara. Salah satu penyakit yang bisa mengganggu kinerja aki adalah munculnya jamur di kepala aki.

Penyebab hadirnya jamur tersebut tak lain karena hasil residu yang terjadi, ketika proses sistem pengisian alternator ke aki.

Bukanlah perkara sulit dalam mengenali jamur pada kepala aki. Tahap awal yang terjadi adalah munculnya warna putih kehijauan yang khas dan berbentuk serbuk. Jika aki mulai terlihat berjamur, sebaiknya segera dibersihkan, karena bisa menurunkan kinerja aki.

Anda harus segera membersihkannya yakni dengan cara menggunakan air panas, lalu disiramkan ke kepala aki dan disikat dengan sikat gigi untuk menjangkau celah kecil.

Setelah selesai Anda sikat, siramlah dengan air panas, agar hasil kotoran yang disikat dapat terbuang. Setelah proses tersebut, berikan grease, atau gemuk pada area yang telah dibersihkan.

Guna memberikan hasil yang lebih maksimal, lepas kabel dari kepala aki saat proses pembersihan berlangsung, sehingga bagian dalam dari kabel pengikat kepala aki dapat lebih mudah dibersihkan.

Jika kepala aki dalam kondisi bersih, bisa dipastikan akan membuat usia aki lebih lama. Pasalnya pengisian yang dihasilkan oleh alternator dapat diterima dengan baik oleh aki tanpa gangguan.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top