Kenali Motif Ban Sebelum Putuskan Membeli

Kenali Motif Ban Sebelum Putuskan Membeli

Grandsehat.co.id – Ribuan bahkan jutaan ban telah beredar di berbagai tempat, karena ban atau karet bundar inilah suatu kendaraan bermesin dapat berjalan mengantarkan ragam aktivitas para penggunanya.

Berbicara ban tentu tidak lepas dari ukuran dan ragam motif (pola) yang berbeda-beda. Namun tahukah Anda (car enthusiast) bahwa dibalik motif tersebut memiliki fungsi bagi kenyamanan selagi mengemudi? Penulis mencoba menjelaskan secara singkat, lugas serta jelas arti dan fungsi motif pada ban.

Sebelumnya, di industri ban dikenal ada 3 pola desain yang umum digunakan untuk mobil, yakni desain directional, simetris dan asimetris. Dengan mengenali pola ban ini, setidaknya pengguna dapat memilih sesuai kebutuhannya. Mobil biasa digunakan di medan jalan seperti apa dengan rute bagaimana.

Langsung saja simak ulasannya sebagai berikut.

1. Desain Directional: Untuk performa dalam kondisi basah

Ban dengan motif directional diklaim baik saat permukaan jalan basah, becek atau pun banjir. Pasalnya desain ini berguna untuk membelah air. Di samping itu, mobil juga tidak mudah mengalami gejala oversteer maupun understeer lantaran stabil. Namun, sayang ban model seperti gambar diatas memiliki tingkat kebisingan yang lebih tingi dari model pola ban lainnya.

2. Desain Simetris: Untuk kenyamanan (tingkat kebisingan lebih rendah)

Pola ban kedua adalah simetris, umumnya dirancang untuk kenyamanan dan kebisingan yang lebih rendah. Karet hitam seperti ini cocok digunakan untuk Anda yang sehari-harinya selalu menggunakan kendaraan pribadi untuk berkativitas.

3. Desain Asimetris: Untuk semua kondisi

Sementara untuk pola terakhir dalam artikel ini adalah asimetris. Kombinasi ban asimetris kebalikan dari pola simetris dan directional. Pasalnya, dengan motif asimetris ini tidak haram mobil melaju di kondisi jalan kering ataupun basah. Menawarkan stabilitas tinggi saat berbelok dan kecepatan maksimal. Dengan kalimat lain, ban motif asimetris merupakan kombinasi dari pola simetris dan directional.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top