Mobil Terendam Banjir? Ini solusinya

Mobil Terendam Banjir? Ini solusinya

BANJIR JAKARTA TAHUN 2013

Halo sahabat sehat, di awal Tahun ini Ibukota Jakarta di sambut dengan Hujan deras dan akhirnya mengakibatkan genangan air yang tinggi dimana sering kita katakan Banjir. Ngomongin masalah banjir, kami akan memberikan beberapa tips dalam hal memperbaiki dan merawat mobil yang sempat terkena banjir.

Pada dasarnya, ketika Anda sedang mengendarai mobil dan pas ketepatan banjir cukup tinggi di hadapan Anda, kami saran kan untuk tidak nekad menerobos banjir tersebut. Tetapi jikalau kita sudah terlanjur menerobos atau mobil kamu sudah terendam banjir kami punya beberapa tips yang harus anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang fatal pada mobil anda, yaitu :

  1. Segera Lepas Kabel Aki

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencabut atau melepaskan kabel yang menghubungkan Baterai Aki dengan komponen mobil. Hal ini berfungsi agar terhindar dari resiko korsleting yang bisa berakibat fatal pada komponen-komponen elektronik yang ada di dalam mobil. Apalagi mobil yang anda pakai itu keluaran terbaru pasti sangat mengandalkan arus listrik.

  1. Pengeringan Komponen

Komponen pengapian yang perlu kamu perhatikan seperti busi, karburator, alternator, saringan udara, koil, kabel-kabel juga cukup rawan rusak apabila terkena banjir. Nah, untuk itu sebaiknya keringkan dahulu komponen-komponen ini dengan baik dan kamu juga bisa menggunakan hair dryer loh, untuk mengeringkannya. Perhatikan juga apakah masih bisa berfungsi normal atau ada gangguan lain. Jika nggak teliti dan ternyata komponen pengapian ini nggak berfungsi maksimal, maka mobil akan sangat rawan untuk mogok.

  1. Mengganti Oli

Mesin mobil pada dasarnya sudah dirancang kedap air dan semua cover mesin sudah lindungi oleh sealant tahan panas sehingga jika terendam banjir kemungkinan kecil air bisa masuk ke dalam mesin. Jika oli terkena air, biasanya akan berubah warna. Oleh karena itu, sebaiknya ganti oli mesin dan oli gardan setelah terkena banjir untuk mengurangi risiko kerusakan tersebut ya Sahabat.

  1. Kuras Tangki Bahan Bakar

Menguras tangki itu sangat penting, sebab air yang masuk ke tangki dan bercampur dengan bensin berpotensi menimbulkan karat pada tangki bensin loh. Eits tenang, menguras tangki mudah kok, caranya cukup masukan selang kecil sampai ke dasar tangki dan hisap sampai bahan bakar mengalir keluar sampai habis. Hati-hati jangan sampai bensinnya tertelan ya Sahabat.

Leave A Reply---

Back to top