Penyebab dan Cara Menghindari Overheat pada Mobil

Penyebab dan Cara Menghindari Overheat pada Mobil

Grandsehat.co.id – Over heating merupakan suatu penyakit yang sering ditemui pada kendaraan bermotor. Over heating bukanlah masalah yang yang dapat diremehkan. Over heating dapat menyebabkan kendaraan kamu mati secara tiba-tiba dan mengeluarkan asap.

Jika kamu pernah menonton sebuah film yang memperlihatkan mobil yang secara tiba-tiba berasap dan mogok, artinya mobil tersebut terkena over heating.

Kalau dalam film memang mudah sih. Tapi kalau terjadi di dunia nyata, kebayangkan repotnya bagaimana? Banyak orang menggunakan air untuk mendinginkan over heating, tetapi jangan disiramkan langsung pada mesin yang panas, karena perubahan suhu yang tiba-tiba dapat membuat mesin rentan mengalami kerusakan.

Buat anda yang belum tau apa-apa aja penyebab over heat ini, yuk dicek di sini:

1. Kipas Yang Rusak
Kipas sesuai namanya berguna untuk mendinginkan. Kipas pada mobil juga berguna untuk membantu pendinginan mesin mobil.

Ketika kipas tidak bekerja maksimal, maka mesin cenderung akan lebih panas dan semakin lama semakin panas sehingga menyebabkan mesin mati karena over heating.

Untuk mencegah ini lakukanlah selalu pengecekan kipas secara rutin, terutama jika kamu sering melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan tersebut.

Kipas bisa jadi memiliki perputaran yang lemah karena usianya yang sudah tua atau memang sudah mengalami kerusakan.

Periksa juga switching otomatis yang terletak pada kipas pendingin, dengan mengecek satu persatu, maka kamu bisa mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi.

2. Perjalanan Yang Jauh
Perjalanan yang jauh cenderung dapat menyebabkan over heating, apalagi mesin tidak diberikan waktu untuk beristirahat.

Perjalanan yang jauh berarti membiarkan mesin bekerja lebih lama daripada biasanya. Yang artinya, mesin mobil akan terus bekerja sehingga dapat menghasilkan panas.

Kalaupun memang kamu ingin melakukan perjalanan jauh, istirahatkanlah mobil beberapa kali untuk memberikannya waktu mendinginkan mesin. Mesin yang dingin akan jauh bekerja lebih baik daripada saat panas.

3. Masalah Radiator
Radiator sama seperti kipas, memiliki fungsi yang sama yaitu mendinginkan mesin.

Masalah yang umum terjadi pada radiator adalah ketika air radiator kering. Air radiator yang kering tidak akan bisa menghasilkan pendingin sehingga mesin akan selalu panas hingga mencapai level over heat.

Ada pula penggunaan air radiator yang salah, penggunaan air seperti air dari bak mandi, air sumur atau air tanah, akan meninggalkan jejak berupa kerak yang menempel.

Kerak merupakan sisa mineral dan logam yang terdapat pada air tadi. Kerak ini lama kelamaan akan tertimbun dan dapat mengakibatkan kerusakan dan over heat.

Untuk menghindari masalah seperti ini disarankan agar anda menggunakan air minum kemasan atau air khusus yang telah disuling untuk kebutuhan radiator. Satu masalah terpecahkan.

Periksa juga apakah ada kemungkinan kebocoran pada mesin radiator atau radiator tersumbat.

Radiator yang rusak terkadang akan sangat susah untuk diperbaiki sehingga banyak yang menyarankan untuk melakukan penggantian radiator.

Sekalinya mesin radiator rusak dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar dan permanen, sehingga lebih baik jika melakukan penggantian mesin radiator.

Untuk lebih baik lagi gunakan juga radiator coolant yang akan membantu menghindari pembentukan cairan logam dari air radiator.

Warna kuning yang mungkin pernah kamu lihat pada mesin radiator disebabkan tidak adanya radiator coolant, penggunaannya memang sangat berguna untuk proses pendinginan mesin radiator pada mobil dan mencegah over heating.

4. Penggunaan Jenis Oli Yang Salah
Oli digunakan untuk memuluskan kinerja mesin, menghindarkan mesin dari kinerja yang kasar sehingga mengurangi adanya penguapan dan tidak cepat kering. Tetapi ada banyak para pengendara kurang memahami oli yang tepat.

Pemakaian oli yang tepat sangatlah baik untuk kelangsungan mesin dan dapat mengurangi terjadinya over heating.

Contohnya saja, ketika para pemilik mobil ini menggunakan oli yang kurang tepat, maka oli yang digunakan pada mesin akan cepat menguap dan pekerjaannya kurang maksimal.

Karena oli cepat menguap, maka mesin akan cepat kering dan akhirnya memaksa mesin untuk bekerja ekstra daripada biasanya. Inilah yang mengakibatkan terjadinya over heat, mesin yang dipaksa bekerja akan mengalami gesekan yang lebih kasar sehingga menyebabkan panas yang ekstra pula.

Over heat pun terjadi dan mesin kamu otomatis akan mengalami kerusakan dan mati secara tiba-tiba. Akibatnya, kamu harus mengeluarkan kocek lebih dalam lagi untuk melakukan perbaikan dan juga penggantian oli.

Anda yang pernah mengalami over heat mungkin pernah mengalami masalah yang sama seperti yang telah disebutkan di atas.

Untuk menghindarinya selalu lakukan pemeriksaan yang rutin terhadap mesin-mesin mobil.

Menghindari over heat berarti mengurangi satu masalah yang mungkin saja terjadi di masa mendatang.

Perawatan ini sangat baik untuk tetap meremajakan mesin mobil. Jika sering terjadi kerusakan karena over heat ada kemungkinan ‘penyakit’ ini bisa menular ke bagian-bagian mesin yang lainnya. Artinya, harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk perbaikan.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top