Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Perlu Diketahui

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Perlu Diketahui

Grandsehat.co.id – Seringkali kita mendengar berita mengenai mobil yang terbakar ketika sedang berjalan. Namun, tahukah Anda jika penyebab terjadinya kebakaran pada mobil salah satunya disebabkan oleh kondisi mesin mobil yang terlalu panas atau overheat. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab mesin mobil cepat panas yang perlu Anda ketahui sehingga dapat mencegahnya di kemudian hari, seperti dilansir laman otospector.co.id.

Terjadinya Kerusakan Radiator

Radiator mempunyai fungsi vital dalam mengelola suhu mesin mobil. Jika radiator mengalami masalah, maka secara otomatis sistem pendingin akan mengalami kekacauan sehingga menyebabkan mesin mobil cepat panas. Jika hal ini tidak segera ditangani akan berakibat fatal bagi mobil tersebut.

Biasanya, masalah yang sering muncul adalah saluran radiator yang sering tersumbat oleh kotoran. Selain itu, masalah lainnya pada radiator adalah terjadinya kebocoran atau sobek pada selang radiator. Kedua masalah ini jika tidak ditangani dengan baik, maka akan menghambat cairan pendingin sehingga tidak dapat terdistribusi dengan baik dan akhirnya membuat mesin menjadi panas.

Kurangnya cairan pada tangka radiator juga dapat menyebabkan mesin overheating, karena itu Anda diharuskan mengecek air radiator secara rutin. Normalnya penggantian air radiator dilakukan setiap 20 ribu kilometer.

Thermostat Tidak Berfungsi

Thermostat adalah alat pengukur suhu yang terdapat di dalam mesin mobil. Alat ini berhubungan langsung dengan sistem kerja radiator. Alat ini berfungsi sebagai pengatur air radiator, dimana ketika suhu mesin rendah, maka thermostat akan mengatur air agar tetap berada di dalam radiator, sedangkan ketika mesin panas, maka akan mengatur air agar masuk ke dalam mesin.

Jika thermostat mengalami masalah kerusakan, maka tentu sistem sirkulasi air pendingin akan terganggu sehingga menyebabkan terjadinya overheating pada mesin mobil Anda.

Menggunakan Oli Ilegal

Jika Anda ditawarkan untuk menggunakan oli dengan harga yang murah namun tidak jelas mereknya, sebaiknya Anda menolaknya. Karena oli yang harganya murah serta tidak jelas mereknya biasanya merupakan oli illegal yang tidak tahan panas sehingga mudah menguap. Jika mesin tidak dilumasi dengan oli akan berpotensi menyebabkan terjadinya overheat pada bagian mesin.

Selain karena kualita oli yang buruk, Anda juga harus selalu mengecek oli sebab oli dapat saja hilang karena terjadinya kebocoran. Karena itu jika mesin mobil cepat panas sebaiknya Anda mengecek takaran oli mesin mobilnya.

Kipas Pendingin Mati

Di bagian radiator terdapat sebuah kipas yang berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Jika kipas ini mengalami masalah kerusakan atau salah dalam pemasangannya akan menyebabkan terjadinya kenaikan suhu pada mesin yang dapat menyebabkan overheat. Karena itu selalu pastikan bahwa kipas dalam kondisi baik ketika akan menggunakan.

Jika suhu mesin mobil masih terasa panas, sebaiknya Anda mengecek kondisi fanbelt, apakah masih normal, kendur atau putus. Selain itu, Anda juga perlu untuk memeriksa bagian dinamo penggerak kipas tersebut, sebab biasanya kabel atau sekring seringkali putus karena faktor usia dan lain sebagainya.

Terakhir, periksalah pemasangan kipas dan usahakan jangan sampai terbalik. Sebab pemasangan kipas yang terbalik justru akan menyedot udara panas dari luar sehingga kondisi mesin yang sudah panas justru akan semakin panas.

Menggunakan BBM yang tidak sesuai

Mesin mobil panas juga dapat disebabkan karena pemilihan bahan bakar yang tidak sesuai. Jika kandungan oktan tidak sesuai dengan kebutuhan mobil, maka akan mengakibatkan terjadinya knocking sehingga mesin akan mengalami overheating jika dibiarkan secara terus menerus.

Karena itu, jika Anda membeli kendaraan, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu jenis bahan bakar yang dipakai sehingga sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top