Solusi Hilangkan Getar di Area CVT Honda Vario

Solusi Hilangkan Getar di Area CVT Honda Vario

Grandsehat.co.id – Beberapa waktu lalu kami pernah menyajikan jurus jitu menghilangkan gejala getar atau gredek pada Honda Vario dengan modal Rp 25 ribu saja. Duit tersebut untuk ongkos melubangi mangkok CVT biar kotoran gampang keluar.

Namun Juki, si penggawa bengkel spesialis motor matik R59 Matic Shop mengatakan punya formulasi tambahan biar gredek makin tak berasa. Caranya dengan mengganti per kampas ganda alias per kampas kopling yang jumlahnya ada tiga buah.

“Kalau bolongin mangkok CVT memang umumnya dua bulan bisa kerasa lagi gredeknya, tapi bisa ditambah lagi ganti per kampas ganda yang lebih keras,” ujar Juki.

Masih dijelaskan Juki, ganti per kampas ganda yang punya tingkat kekerasan lebih besar dari per bawaan pabrikan. Contoh kasus pada Honda Vario 125. Per kampas ganda original yang tersematkan berukuran 900 rpm, sedangkan untuk meningkatkan performa akselerasi atau tarikan awal minim gredek, ganti ke per yang ukurannya 1.500 rpm.

Rpm yang dimaksud adalah satuan rotasi per menit layaknya membaca spesifikasi mesin. Ini karena tingkat kekerasan per tersebut menggunakan ukuran sesuai dengan putaran mesin, makanya tersedia per aftermarket mulai dari 1.000 sampai 3.000 rpm.

“Maksudnya pakai per yang lebih keras itu biar bisa meredam getaran, caranya dengan memperlambat bukaan kampas waktu motor digas,” timpal pria murah senyum ini.

Lanjut Juki, jangan gunakan per kampas ganda yang angka rpm-nya terlampau tinggi. Sebab, bisa mengurangi tenaga pada putaran mesin atas, alias top speed berkurang.

“Jangan terlalu gede, kan harus sesuai spesifikasi mesin, pakai per yang rpm-nya tinggi itu buat motor yang sudah dioprek bore up, kalau masih standaran nantinya malah ngelos, mesin cuma ngeden,” tambahnya lagi.

Urusan pemasangan pun terbilang mudah. Harganya dibanderol Rp 50 ribu untuk per kampas ganda besutan Kitaco. Ada juga per sejenis yang punya banderol lebih terjangkau di bengkel.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top