Teknik “Kickdown” yang Wajib Dikuasai Pengendara Mobil Matik

Teknik “Kickdown” yang Wajib Dikuasai Pengendara Mobil Matik

Grandsehat.co.id – Memilih untuk punya mobil bertransmisi matik, jangan sampai luput teknik-teknik buat mengendarainya. Sebab, karakternya berbeda dengan mobil yang perpindahan giginya secara manual.

Salah satu yang penting adalah kickdown. Teknik itu bisa berguna buat mendapatkan tenaga yang lebih besar, pada saat putaran mesin (rpm) pada posisi yang tinggi.

Kickdown adalah turun gigi (downshift) di transmisi otomatis. Biasanya ini digunakan ketika ingin berakselerasi pada kecepatan standar atau saat ingin mendahului.

Selain pada jalan datar, kickdown juga bisa buat menghadapi tanjakan yang terjal sehingga menghasilkan torsi yang besar.

Jadi mobil tak kesulitan dan pengemudi tak bingung ketika menghadapi medan jalan seperti itu.

Perpindahan transmisi pada mobil matik mekanismenya sudah diatur oleh komputer.
Jadi tak mudah terdeteksi oleh komputer atau transmisi itu sendiri, ketika pengemudi sedang butuh power lebih, maka dari itu digunakan sistem kickdown (seolah mengingatkan komputer untuk memberikan tenaga lebih).

Nah lalu bagaimana cara pengemudi untuk bisa melakukan kickdown?

Pertama adalah pastikan posisi tuas persneling di D. Kemudian lepas gas atau kendurkan injakan pada pedal gas, untuk persiapan.

Baru kemudian ketika momennya pas, injak pedal gas secara spontan dan dalam-dalam.

Kemudian dari situ, akan didapatkan tenaga yang dibutuhkan, ketika akan menanjak atau saat ingin menyalip kendaraan lainnya.

Selamat mencoba!!

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top