Tips Bikin Konsumsi BBM Daihatsu Xenia Makin Irit

Tips Bikin Konsumsi BBM Daihatsu Xenia Makin Irit

Grandsehat.co.id – Indikator peringatan berkendara “Eco” pada Daihatsu Xenia terbaru bukan aksesori semata. Melalui tambahan fitur tersebut, pengemudi bisa mengetahui apakah cara berkendaranya sudah ekonomis, atau irit bahan bakar –saat lampu eco menyala.

Kata ‘Eco’ sendiri sebenarnya berafiliasi ke ekologi atau lingkungan, atau sesuatu yang ramah terhadap lingkungan. Sehingga dengan berkendara secara eco (eco-driving) kita tak hanya bisa memperkecil konsumsi BBM untuk proses pembakaran di dalam mesin, tapi juga mengurangi kadar emisi karbon yang keluar dari hasil pembakaran, sehingga tak terlalu mencemari lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, Bambang Supriyadi, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, eco indicator pada Xenia melakukan pembacaan terkait kondisi ruang bakar. Jadi tak berdasarkan dari kecepatan kendaraan.

“Jadi apakah kondisi di ruang bakarnya itu ideal atau tidak sih saat kondisi berkendara itu. Intinya komposisi bahan bakar dan udaranya sudah pas di dalam mesin, alias efisien. Bila begitu maka indikator eco akan menyala,” kata Bambang, beberapa waktu lalu.

Pastinya kata bambang, eco indikator tak terpengaruh pada kecepatan dan posisi transmisi. Karena bisa saja pada posisi gigi 1, berkendara dapat mencapai titik ‘eco’. Jadi intinya kembali lagi, apakah komposisi bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar ideal atau belum.

Tips ‘Eco Driving’

Nah, bagaimana kemudian cara biar mobil yang kita kendarai bisa efisien konsumsi bahan bakarnya, sehingga ramah juga terhadap lingkungan?

Pertama, hindari memanaskan mesin yang terlalu lama, atau cukup 1 menit sampai 2 menit saja.

Kedua, lakukan perpindahan gigi transmisi pada putaran mesin 2.000-3.000rpm dan sesuai dengan range kecepatan berikut ini:

1. Gigi 1-2 dan 2-1 pada 15 km/jam
2. Gigi 2-3 dan 3-2 pada 35 km/jam
3. Gigi 3-4 dan 4-3 pada 50 km/jam
4. Gigi 4-5 dan 5-4 pada 70 km/jam

Ketiga, hindari akselerasi dan pengereman mendadak, bila tidak diperlukan. Injak pedal gas dengan lembut dan gunakan engine brake dalam pengereman.

Keempat, sesuaikan pengaturan AC terhadap kondisi cuaca.

Kelima, lakukan perawatan mesin secara berkala dan teratur.
Selamat mencoba, semoga konsumsi BBM Daihatsi Xenia Anda makin irit.

Related Posts---

Leave A Reply---

Back to top